Rabu, 15 Mei 2013

TERMODINAMIKA 2 (HUKUM 1 TERMODINAMIKA bag 1)

Hukum I Termodinamika

Jika kalor diberikan kepada sistem, volume dan suhu sistem akan bertambah (sistem akan terlihat mengembang dan bertambah panas). Sebaliknya, jika kalor diambil dari sistem, volume dan suhu sistem akan berkurang (sistem tampak mengerut dan terasa lebih dingin). Prinsip ini merupakan hukum alam yang penting dan salah satu bentuk dari hukum kekekalan energi.
Sistem yang mengalami perubahan volume akan melakukan usaha dan sistem yang mengalami perubahan suhu akan mengalami perubahan energi dalam. Jadi, kalor yang diberikan kepada sistem akan menyebabkan sistem melakukan usaha dan mengalami perubahan energi dalam. Prinsip ini dikenal sebagai hukum kekekalan energi dalam termodinamika atau disebut hukum I termodinamika. Secara matematis, hukum I termodinamika dituliskan sebagai Q = W + U atau U = Q - W

"Keterangan"
Q = kalor yan diterima (J) 
W = usaha (J)
U = perubahan energi dalam (J)


Secara sederhana, hukum I termodinamika dapat dinyatakan sebagai berikut.

"Jika suatu benda (misalnya krupuk) dipanaskan (atau digoreng) yang berarti diberi kalor Q, benda (krupuk) akan mengembang atau bertambah volumenya yang berarti melakukan usaha W dan benda (krupuk) akan bertambah panas yang berarti mengalami perubahan energi dalam U"

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

catatan" jika tidak mempunyai akun atau silakan select profil dan pilih anonymous" komentar yang mencelah atau spam akan dihapus oleh admin"
terima kasih telah berkomentar ya....!!!