Selasa, 14 Mei 2013

TERMODINAMIKA 1

Termodinamika merupakan cabang fisika memperlajari tentang perubahan energi dari sutu benda ke bentuk lain, terutama perubahan energi panas ke dalam bentuk energi lain.

Istilah-istilah penting dalam termodinamika.
Sistem adalah benda atau keadaan yang menjadi fokus perhatian kita.
Lingkungan adalah benda atau keadaan di luar sistem
Sistem Terbuka merupakan suatu sistem dimana materi, panas dak kerja (usaha) dari luar dapat masuk dalam sistem.
Sistem Terisolasi merupakan sistem dimana panas dan kerja (usaha) dari luar tidak dapat menembus ke dalam sistem.
Proses merupakan perubahan dari suatu sistem kesistem lain.
Siklus Termodinamika merupakan suatu rangkaian proses sedemikian rupa sehingga keadaan akhirnya mempunyai keadaan yang sama dengan keadaan mula-mula.
keseimbangan termal merupakan suatu keadaan pada dua sistem yang dikontakkan tidak terjadi perpindahan panas (Suhu kedua sistem sama),
Kuasistatik merupakan cara suatu proses berubah (biasanya berlangsung sangat lambat) sedemikian rupa sehingga sistem senantiasa hampir selalu berada dalam keseimbangan setiap saat.

 USAHA DAN GAS
Agapan suatu silinder mempunyai piston yang dapat bergerak bebas. silinder ini diisi dengan gas yang menempati volum (V). Gas akan menekan kesemua bagian silinder termasuk piston dengan tekanan p.  Gaya yang bekerja pada piston akbitnya tekanan gas adalah F = pA dengan A menyatakan luas penampang piston

Sekarang biarkan gas mengembang secara perlahan sehingga piston begerak keatas. ketika piston begerak jauh maka usaha atau kerja yang dilakukan oleh gas adalah



karena adalah sama dengan kenaikan volume gas , maka usaha yang dilakukan oleh gas adalah :



Ketika gas mengembang maka positif sehingga usaha yang dilakukan gas positif, Sedangkan jika gas ditekan maka usaha yang dilakukan menjadi negatif (artinya gas menerima usaha dari lingkungan). Pada watu gas menerima kerja dari lingkungan bearti lingkungan melakukan usaha.

Usaha yang dilakukan oleh lingkungan pada gas adalah minus dari usaha yang dilakukan oleh gas


Apa yang terjadi jika V=0 (tidak terjadi perubahan volum)? tentu saja W=0. dalam hal gas tidak menerima atau melakukan usaha. usaha total yang dilakukan pada gas untuk merubah volumenya dari V1 menjadi V2 adalah :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

catatan" jika tidak mempunyai akun atau silakan select profil dan pilih anonymous" komentar yang mencelah atau spam akan dihapus oleh admin"
terima kasih telah berkomentar ya....!!!